Cara Capture di Laptop Asus yang Perlu Anda Tahu

Cara Capture di Laptop Asus yang Perlu Anda Tahu

hourhodl.com – Asus merupakan salah satu produsen laptop di dunia yang menawarkan beragam produk dengan spesifikasi tertentu. Produk asus dapat digunakan untuk bermacam kegiatan, mulai dari sekadar melakukan pekerjaan mengetik, membuat laporan keuangan menggunakan Microsoft Excel, melakukan pencarian gambar pada Google, mengcapture gambar, dan masih banyak lainnya. 

Nah, sudahkah Asus-ers tahu bagaimana cara capture di laptop merek Asus? Menarik ya untuk dibahas, karena capture tidak hanya bisa dilakukan di perangkat ponsel pintar, melainkan bisa dilakukan menggunakan komputer jinjing. Pekerjaan sekarang kan juga banyak menggunakan komputer jinjing, benar?

Cara Screenshoot di Laptop Asus

Beberapa metode berikut ini bisa Anda gunakan untuk meng-capture gambar di komputer jinjing, loh. Berikut akan kami jelaskan. 

 

  • Menggunakan Snipping Tool

 

Snippting tool adalah sebuah aplikasi bawaan dalam windows komputer pangku Anda. Keberadaan aplikasi snipping tool  memang jarang banyak orang mengetahuinya. Karena, orang-orang lebih sering menggunakan aplikasi tambahan untuk meng-capture sesuatu. 

 

Anda bisa menemukan aplikasi ini dalam mesin pencarian windows, dengan cara mengetik ‘snipping tool’ dalam kolom pencarian. Hasil pencarian berupa icon bergambar gunting. 

Berikut penggunaannya:

  • Bukalah halaman mana yang ingin di-capture.
  • Jika sudah dibuka, selanjutnya buka aplikasi tadi sekaligus ketuk ‘new’ , guna mengambil capturan. 
  • Tunggu layar berkedip. Selanjutnya pengguna dibawa ke jendela aplikasi ini. 
  • Bisa langsung menyimpannya dalam folder atau mengeditnya terlebih dahulu.

Kelebihan menggunakan aplikasi ini adalah memiliki ukuran ringan, sehingga masih cocok dijalankan pada komputer pangku  merek Asus. Selain itu, terdapat fitur tambahan yang berguna untuk memperjelas hasil capturan. Seperti, fitur pen dan highlighter. Terakhir, pengguna dapat menyimpannya dalam format JPEG, PNG atau GIF, sesuai dengan kebutuhan. 

Kekurangannya, tidak menyediakan fitur secara lebih kompleks. Seperti halnya fitur dalam aplikasi edit gambar profesional. 

 

  • Menggunakan Print Screen

 

Print screen atau biasa ditemukan dalam keyboard dengan nama ‘prt sc sysrq’. Nah, bagi Anda yang suka mencoba untuk mengotak-atik fungsi keyboard, pasti sudah tidak asing dengan fungsi keyboard ‘prt sc sysrq’ ini, bukan?

Cara menggunakannya mudah, Anda tinggal masuk ke halaman yang ingin di-capture. Kemudian, tekan keyboardprt sc sysrq’, dan masuk ke halaman dimana Anda ingin mem-paste (menempelnya). Bisa ditempel pada Ms. Word, Ms. Power Point, atau Ms. Paint

  1. Menggunakan Lightshot

Lightshot merupakan aplikasi tambahan, bukan bawaan windows. Jadi , pengguna harus mendownloadnya terlebih dahulu pada penyedia software. Lighshot dapat diinstall pada banyak jenis windows, mulai windows xp, win 7, win 8, dan Mac. Karena, ukurannya yang tidak berat, sehingga membuat lightshot dapat diaplikasikan pada banyak windows. 

 

Kelebihannya adalah tidak terlalu memberatkan laptop saat menjalankan aktivitasnya. Selain itu, sudah dilengkapi add text, highlight atau marker, sekaligus hasilnya bisa disimpan dalam format JPEG, PNG, dan Bitmap. 

Kekurangannya, walaupun ukurannya kecil, tetapi jika RAM laptop kecil, maka bisa membuat kinerja laptop lemot. Sehingga, tidak dapat meng-capture banyak sekaligus. 

Baca Juga : Cara Membuat Pangsit Goreng yang Renyah dan Bikin Ketagihan

Nah, itulah pembahasan cara capture di laptop Asus yang perlu Anda tahu. 3 metode di atas bisa diterapkan pada laptop merek lain, loh! Tidak terbatas pada Asus saja, karena cara ini lumayan umum digunakan. Coba Anda praktikkan. Dari ketiganya, lebih memilih dengan cara mana? Carilah cara sepraktis dan sesimple mungkin, ya! Yang penting hasil capturannya jadi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *