Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 dengan Mudah

Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 dengan Mudah

hourhodl.com – Sampai sekarang ini Windows 7 masih banyak digunakan oleh para pengusaha, personal, organisasi dan lain sebagainya. Cara mempercepat kinerja Windows 7 menjadi hal yang paling sering dicari oleh para pengguna Windows 7. Kinerja yang cepat, menjadi bagian penting untuk memaksimalkan aktivitas penggunaan PC atau laptop Anda.

 

Cara Mempercepat Sistem Kerja Windows

1. Uninstall Bloatware

Bloatware merupakan software yang sudah terinstal ketika Anda baru membeli PC atau laptop. Terdapat berbagai macam software yang terinstal di dalamnya. Banyak juga software yang tidak terlalu dibutuhkan dan tentunya akan menghabiskan ruang serta daya laptop Anda saja. 

 

Beberapa dari software tersebut ada yang berjalan secara otomatis saat komputer atau laptop Anda sedang dinyalakan. Faktor ini tentu akan memperlambat proses booting. Maka dari itu, software yang tidak begitu perlu digunakan harus segera disingkirkan supaya Windows 7 Anda bisa bekerja lebih cepat. 

 

Caranya Anda hanya perlu membuka Start Menu > Control Panel > Uninstall or change program, kemudian uninstall software.

 

2. Startup process

Langkah selanjutnya adalah dengan membatasi proses yang berjalan ketika Windows 7 dinyalakan. Caranya, dengan mengetik MSCONFIG di kolom pencarian lalu klik enter. Selanjutnya buka tab Startup, dari situ akan terbuka daftar proses dan juga aplikasi beserta pengaturannya.

Dari daftar tersebut carilah proses yang tidak begitu diperlukan untuk berjalan ketika startup contohnya seperti GoogleUpdate dan QuickTime. Selanjutnya hilangkan ceklis di bagian proses tersebut untuk mematikannya. Namun perlu Anda ingat, untuk menghilangkan ceklis proses yang berkaitan dengan keamanan dan hardware karena itu bisa mengganggu performa Windows 7.

3. Menambah RAM

Windows 7 lebih ringan dari Windows 8, namun apabila  Anda mengupgrade Windows XP bisa dipastikan kinerjanya akan jadi sedikit lambat. Salah satu cara yang tepat untuk mengatasi lambatnya sistem Windows 7 adalah dengan menambah RAM di PC maupun laptop.

Ukuran RAM yang ideal untuk Windows 7 32-bit adalah 2 GB. Untuk yang versi 64-bit adalah 4 GB. Untuk kapasitas RAM yang masih di bawah ukuran ideal, maka Anda harus menambahkan performa Windows 7.

4. Matikan search indexing

Search indexing adalah salah satu fitur Windows 7 yang akan mengindeks berbagai entri di laptop Anda. Dengan mengaktifkan search indexing, Anda bisa mendapatkan serta mencari berbagai macam file dan juga data di PC dengan cepat.

Namun jika Anda jarang menggunakan fitur tersebut, maka sebaiknya Anda mematikan atau menonaktifkan fitur tersebut.  Hal ini dikarenakan, search indexing dapat memakan resource yang cukup besar. Caranya menonakifkannya, ketik “index” di Start Menu, pilih hasil pencarian di bagian paling atas. 

Klik Modify, selanjutnya hilangkan ceklis semua lokasi indexing yang ditampilkan.

Baca Juga : Cara Menghias Birthday Cake dengan Mudah

4 cara mempercepat kinerja Windows 7 yang telah disebutkan di atas dapat Anda terapkan supaya performa Windows 7 pada laptop atau PC Anda jadi lebih cepat, sehingga tidak mengganggu aktivitas Anda.